Search

Barcelona raja Eropa

Diposting oleh fatih on Rabu, 27 Mei 2009

Roma, BOLANEWS/uefa Barcelona menjadi raja Eropa. Penegasan itu menyusul keberhasilan di laga final Liga Champion yang berlangsung di Stadion Olimpico, Roma, Rabu (27/6). Barca memastikan gelar mahkota Liga Champion setelah menumbangkan juara bertahan Manchester United, 2-0.
Pertemuan dua tim yang mengusung sepakbola menyerang itu berlangsung cepat sejak awal pertandingan. MU langsung memperoleh peluang gol melalui tendangan bebas Cristiano Ronaldo. Tapi sepakan keras Ronaldo masih bisa dipatahkan Victor Valdes.
Sepamjang sembilan menit diawal laga. United lebih agresif dalam membangun serangan. Barcelona hanya membangun serangan balik cepat guna membongkar pertahanan MU.
Memasuki menit ke-10, Barca justru mengejutkan United dengan gol Samuel Eto'o. Tusukan Eto'o dari sayap kanan mampu mengelabui dua bek tengah MU sebelum melepaskan tendangan terarah ke tiang dekat gawang kiper Edwin van der Sar. Barca memimpin 1-0.
Dalam keadaan unggul permainan anak asuhan pelatih Pep Guardiola itu semakin berkembang. Sepanjang babak pertama Lionel Messi dan Thierry Henry bergantian mengancam gawang MU.
Memasuki 45 menit kedua, Sir Alex Ferguson memasukan Carlos Teves guna meningkatkan daya serang MU. Keluarnya Anderson membuat lini tengah Setan Merah melemah. Kesempatan ini membuat Barca semakin dominan. Ketenangan Barca dalam memainkan umpan-umpan pendek menyulitkan United untuk berkembang.
Disiplinnya barisan belakang Barca membuat Ronaldo dan Wayne Rooney sulit melepaskan tendangan ke gawang Barca. Ronaldo terlihat frustasi untuk mendekati kotak penalti Barca. Alhasil, Pemain Terbaik Dunia 2008 itu terlihat sering kali memaksakan tendangan dari luar kotak penalti.
Malapetaka kedua datang bagi United di menit 70. Umpang terukur Xavi Hernandez diteruskan dengan sundulan lambung Lionel Messi melewati jangkauan Van der Sar. Barcelona sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0.
Disisa pertandingan Barca tetap unggul dalam penguasaan bola. Namun, sejumlah peluang dari Andres Iniesta tidak mampu membuahkan hasil. Barcelona akhirnya memastikan gelar Liga Champion ketiga.
Kemenangan ini merupakan prestasi fantastis. Barcelona mencatatkan diri sebagai klub Spanyol pertama yang mampu merebut treble winner dalam semusim. Tiga gelar yang mampu disandingkan Barca yakni Copa del Rey, La Liga Spanyol dilengkapi dengan tropi Liga Champion.

Fantastico Barca !!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar